Nawari Ide News | Ponorogo, 26 Agustus 2019. Beberapa hari yang lalu, saya penasaran dengan bagaimana membuat soal ujian online yang mudah dan praktis bagi orang awam. Sebagai penggiat pendidikan yang tidak berlatar belakang pendidikan IT bagus (seperti saya), bisa memanfaatkan sebuah aplikasi yang gratis, mudah, dan praktis, yaitu google formulir. Google formulir merupakan salah satu aplikasi online produk dari Google, yang bisa digunakan untuk membuat formulir, kuis, dan juga soal ujian. Namun, kelemahannya, pada Google Formulir tidak ada pembatasan waktu. Sehingga saya harus berfikir ulang, agar soal ujian bisa lebih aman dan ada batasan waktu yang jelas. Setelah melalui perenungan panjang, browsing panjang, dan praktik panjang, sekitar dua hari saja sih sebenarnya, alhamdulillah menemukan solusinya. Solusinya adalah dengan menggunakan pengaya (add-on) Timify.me. Sebuah pengaya tambahan untuk mengatur waktu penyelesaian kuis atau ujian menggunakan Google Formulir. Secara ringkas, berikut adalah tahapan membuat soal kuis atau ujian berbatas waktu menggunakan Google Formulir dan Timify.me.

Pertama kali silakan Anda login pada google formulir menggunakan email (gmail) Anda. Selanjutnya silakan pilih tambahkan formulir baru. Lalu silakan ketik judul dan deskripsi soal kuis atau ujian yang akan kita susun. Masukkan naskah soal satu per satu, beserta jawabannya (untuk soal pilihan ganda), sekaligus kunci jawaban dan skor jika jawaban tersebut benar. Setelah seluruh naskah soal selesai dientry, tahapan selanjutnya adalah saatnya setting waktu pelaksanaan ujian. Caranya adalah, silakan ditambahkan Add-On bernama Timify.me. Sebuah aplikasi pembatas waktu pada Google Formulir yang bersifat free. Selanjutnya, silakan login pada https://timify.me/ menggunakan email yang sama dengan email Google Formulir Anda. Kemudian, silakan aktifkan timify pada Add-On di Google Formulir lalu klik “Configure”.

Langkah selanjutnya adalah buka laman timify.me, lalu Klik “Create” untuk membuat link masing-masing user atau peserta ujian. Silakan masukkan email masing-masing user dan batas waktu pengerjaan (dalam menit), lalu Klik “Create”. Maka Anda akan diberikan tautan sebanyak user atau email yang Anda masukkan, dan soal sudah dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang tersedia. Anda dapat mengunduh seluruh alamat tautan dalam bentuk CSV. File tersebut dapat dengan mudah Anda buka di Excel. Jika kesulitan, tunggu postingan selanjutnya pada laman ini. Anda juga dapat mengirimkan tautan pada email peserta ujian masing-masing dalam sekejap. Setiap user/peserta ujian membuka formulir, maka pada bagian atas halaman formulir, akan ada waktu yang berjalan mundur. Mudah bukan?

Selamat mencoba…

BAGIKAN INI:

Leave a Comment