Nawari Ide News | Wates, 29 Juli 2019. Blog bagi warga desa bukan hanya mimpi lagi. Kemudahan akses internet menjadi salah satu penunjang ketercapaian pembuatan blog. Termasuk halnya bagi para pemuda di Desa Wates, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo.

Adalah hadirnya mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Kelompok 29 dari Institut Agama Islam Negeri Ponorogo yang membawa dan memperkenalkan blog bagi para pemuda. Mahasiswa memfasilitasi para pemuda dengan mengadakan pelatihan nge-blok bagi para pemuda. Pelatihan yang dilaksanakan pada hari Senin, 29 Juli 2019 diikuti oleh para peserta dengan sangat antusias.

Pelatihan dimulai dengan memperkenalkan kepada para peserta tentang blog dan manfaat memiliki blog. Secara bertahap, peserta membuat blog dari awal, mulai mendaftarkan diri pada wordpress. Peserta secara bertahap berlatih membuat berita, mengungah gambar, membuat laman, mengganti dan memperbaiki tema. Bertindak sebagai narasumber pada hari itu adalah Edi Irawan, M.Pd.. Dosen IAIN Ponorogo yang sekaligus DPL kelompok 29 mendampingi para peserta dengan telaten.

Beberapa blog hasil pelatihan langsung dapat diakses. Diantaranya adalah blog untuk desa wates, blog SATRANS, SDN 2 Wates, dan lain-lain. Di akhir sesi, diberikan quis online menggunakan kahoot. Materi yang menjadi bahan quis adalah materi selama pelatihan. Peserta yang mendapatkan skor quis tertinggi diberikan souvenir berupa mug cantik bergambar logo IAIN Ponorogo.

Unduh materi pelatihan lengkap tentang Mengenal, Membuat, dan Memanfaatkan Blog di sini.

BAGIKAN INI:

Leave a Comment