Aduuuh. Salaah  ketikk. Ketidaktelitian kita terkadang mengakibatkan salah ketik. Tidak sedikit pengguna Microsoft Word abai terhadap kesalahan pengetikan. Padahal, Microsoft Word telah dilengkapi dengan fasilitas untuk mencek kesalahan pengetikan. Proofing namanya. Tandanya, muncul garis merah dan biru di bawah tulisan kita. Itu bukan variasi. Itu juga bukan kebetulan. Garis merah menunjukkan bahwa kata yang kita ketik adalah salah. Atau belum terdeteksi sebagai sebuah kata yang baku. Sementara garis biru mengingatkan kita, karena terlalu banyak memberikan spasi. Mestinya, spasi antar kata hanya satu spasi saja. Nah, jika kita memberikan lebih dari satu spasi, maka akan muncul garis biru di bawahnya.

Berikut adalah tutorial bagaimana penggunaan Proofing untuk menghindari kesalahan pengetikan.

  1. Silakan unduh terlebih dahulu file kata baku di sini. Ini adalah senarai kata baku yang untuk sementara berhasil kami dapatkan. Jika ada pembaca yang memiliki dan hendak berbagi file lain yang lebih update akan diterima dengan senang hati.
  2. Atur language preferences pada pojok kanan bawah layar Anda dengan memilih bahasa “English (United States)”. Jangan yang lain.
  3. Buka dan atur pada Microsoft Word Anda
    1. Klik File/Home/Botton Office, lalu Klik Options.
    2. Klik Proofing, lalu Klik Custom Dictionaries.
    3. Salin (Copy) alamat File Path pada Dictionary List
      (C:\Users\EDI IRAWAN\AppData\Roaming\Microsoft\UProof)
    4. Buka folder, lalu tempel (paste) pada kolom di sebelah kanan logo komputer, lalu Enter.
    5. Setelah muncul kotak dialog di bawah ini, lalu buka file notepad dengan nama “CUSTOM”
    6. Ganti isi Notepad “Custom” tersebut dengan menyalin (copypaste) senarai kosa kata bahasa Indonesia yang ada pada notepad hasil unduhan pada laman ini.
    7. Klik File lalu pilih Save
    8. Pastikan dictionary language nya menggunakan “English (United States)” sebagaimana yang ada pada language preferences.
    9. Klik OK.

Sederhana kan, mulai sekarang, jika Anda salah ketik, akan diingatkan oleh Microsoft Word. Jika masih menjumpai ada kata baku tetapi ada garis bawah merah, maka silakan klik kanan dan tambahkan ke kamus (add to dictionary). Selamat mencoba.

BAGIKAN INI:

Leave a Comment